INGIN LARI DARI FISIKA DENGAN MASUK TEKNIK KIMIA? PERHATIKAN HAL BERIKUT


INGIN LARI DARI FISIKA DENGAN MASUK TEKNIK KIMIA? PERHATIKAN HAL BERIKUT


Jika kalian berniat masuk jurusan Teknik Kimia karna tidak suka dengan Fisika dan lebih suka dengan Kimia sebaiknya kalian urungkan saja niat kalian. Pasalnya matakuliah yang mendominasi  dijurusan ini adalah Fisika dan Kalkulus. Kenapa bisa seperti itu? mari kita bahas lebih lanjut.

TEKNIK KIMIA BERBEDA DENGAN KIMIA MURNI



Sebenarnya tidak lazim bagi kita untuk membandingkan teknik kimia dengan jurusan kimia murni. Pasalnya, Teknik kimia adalah kombinasi dari teknik industri dan kimia. Teknik kimia atau chemical engineering sejatinya adalah teknik rekayasa proses yang mempelajari pengolahan bahan mentah menjadi produk jadi atau setengah jadi yang bernilai ekonomi lebih tinggi. Sehingga, dalam teknik kimia kalian tidak hanya mempelajari kimia, kalian juga akan diajari proses  industri dan perancangan proses industri, karna itulah tidak asing kita jumpai tugas akhir mahasiswa jurusan teknik kimia adalah merancang proses pabrik industri. hal ini tentu saja berbeda dengan jurusan kimia murni yang lebih fokus membahas tentang keilmuan kimia itu sendiri.

Dapat disimpukan, lulusan kimia murni lebih mengarah menjadi peneliti sedangkan lulusan teknik kimia akan mengembangkan penelitian kimia tersebut dan mengaplikasikannya dalam skala industri yang nantinya dapat berguna bagi masyarakat secara luas.

APA HUBUNGAN FISIKA DI TEKNIK KIMIA?


Secara umum, teknik kimia merupakan ilmu untuk merancang dan mengoperasikan suatu pabrik, peralatan dan proses untuk mengubah bahan baku mentah menjadi bahan baku yang memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi. Karna fokus teknik kimia adalah proses-proses industri tentu saja perlu kita pahami bahwa proses industri tidak dapat lepas dari fisika dan kimia,

Misalnya saja jika lulusan teknik kimia ditugaskan untuk menangani boiler. Tentu saja teknik kimia tidak hanya merancang dan mengatur jenis bahan bakar apa saja yang dapat digunakan oleh boiler, lulusan teknik kimia juga dituntut dapat memperhitungkan panas minimun dan panas maksimum yang dapat dihasilkan oleh boiler yang mereka kerjakan, oleh karna itu dasar-dasar fisika khusunya termodinamika perlu dikuasai oleh lulusan teknik kimia.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Termoelektrik (Thermoelectrik), Efek Seebeck dan Peltier